Maret 16, 2014

Musik : My Galauest Songs - Lagu Berbahasa Inggris



Siapa, sih, yang nggak pernah galau? Semua orang pasti pernah, donk, ya, tak terkecuali saya. Nah, kalau galau, biasanya saya suka dengerin lagu-lagu yang bukannya bikin semangat, tapi malah tambah bikin galau. Ini dia list lagu yang suka bikin saya tambah galau, eittsss... ini list khusus untuk lagu yang berbahasa Inggris dulu, untuk bahasa lain di next post, ya...


1.      Broken Vow - Lara Fabian (1999, Lara Fabian)
Lagu yang pertama kali dipopulerkan oleh seorang penyanyi wanita asal Perancis, Lara Fabian ini bercerita tentang seorang wanita yang dikhianati kekasihnya, tapi akhirnya dia merelakan kekasihnya. Lirik yang sedih, ditambah musik yang menyayat hati, plus vokal dan cara bernyanyi si Lara fabian sukses menjadikan lagu ini menjadi salah satu lagu galau favorit banyak orang termasuk saya. Oh, ya, selain Lara fabian, lagu ini juga dinyanyikan oleh banyak penyanyi lain, seperti Josh Groban, Sarah Geronimo, dan lain-lain.
2.      Hurt – Christina Aguilera (2006, Back to Basics)
Lagu wajib ketika berkaraoke ria dan juga merupakan salah satu lagu favorit mantan saya. Lagu ini bercerita tentang sebuah penyesalan seseorang karena telah menyakiti orang yang dicintainya. IMO, lagu ini adalah lagu terbaik Christina Aguilera dari semua albumnya, dan video klipnya pun sangat indah dan berhasil menceritakan isi lagunya.
3.      I Want to Hold Your Hand – Glee (2010, Glee: The Music Vol. 4)
Lagu lama milik The Beatles ini menjadi salah satu lagu yang dinyanyikan oleh salah satu pemain serial Glee,  Chriss Colfer yang berperan sebagai Kurt Hummel di serial ini. Berbeda dengan versi The Beatles yang ceria dan bertempo cepat, I Want to Hold Your Hand versi Glee dibuat menjadi sangat berbeda, tak ada lagi element keceriaan di dalamnya, namun menjadi sebuah lagu yang sendu mendayu-dayu tentang kasih tak sampai.
4.      Love of My Life – Queen (1975, A Night at the Opera)
Kekasih yang pergi menjadi tema lagu ini, ditulis oleh dedengkot Queen, Freddy Mercury yang sebenarnya bercerita tentang Mary Austin, wanita yang pergi meninggalkan Freddy setelah Freddy membuka hubungan sejenisnya dengan seorang pria Amerika. Mungkin karena didasari kisah nyata patah hati si pencipta sekaligus penyanyi yang menjadikan lagu ini begitu terasa sedihnya.
5.      When I was Your Man – Bruno Mars (2013, Unorthodox Jukebox)
Pertama kali mendengar lagu ini, rasanya makjleb... menusuk ke dalam hati. Mungkin karena isi lagu yang sesuai dengan keadaan galau saya saat itu. Tentang seorang pria yang patah hati ditinggalkan kekasihnya (karena tidak bisa romantis) sama persis seperti yang saya alami :v
6.      Let Me In – Lexia (2010, Lexia : Underground Sounds)
Let Me In merupakan salah satu lagu yang terdapat dalam album solo Lexia : Underground Sounds dari Lexia aka Alexia Rodriguez, lead vocal sekaligus gitaris band post-hardcore asal Amerika, Eyes Set To Kill. Dibanding lagu-lagu lain yang masuk di list ini, mungkin lagu ini yang paling asing. Saya pun baru mendengar lagu ini pada tahun 2012, ketika salah seorang teman saya menjadikan lagu ini sebagai backsong salah satu adegan drama yang saya sutradarai (eciyeee... sutradara jare :v). By the way, lagu ini bercerita tentang kasih tak sampai yang cukup klise, tapi musik, lirik, dan suara merdu Alexia menjadikan lagu ini berbeda dengan lagu-lagu bertema sejenis.

7.      Unintended – Muse (1999, Showbiz)
Merupakan singel kelima dari album debut grup band Muse, Showbiz. Tentang susahnya move on, mungkin inilah inti lagu ini. Sendu, sendu, sendu itulah kesan ketika mendengar lagu ini. Salah satu lagu yang paling sering saya dengarkan.

8.      When You Dreaming with a Broken Heart – John Mayer (2006, Continuum)
Bercerita tentang perasaan ketika sedang patah hati. Lagu ini masuk ke dalam list lagu galau favorit saya. Liriknya yang simpel, dibungkus dalam melodi bertempo lambat yang membuat saya jatuh cinta pada lagu ini.
9.      Unfaithful – Rihanna (2006, A Girl like Me)
Awalnya lagu ini berjudul “Murderer”, mungkin karena isinya tentang perselingkuhan yang bisa “membunuh” seseorang. Namun akhirnya Unfaithful-lah yang dijadikan judul lagu ini. Liriknya menceritakan tentang cinta segitiga seorang wanita dan dua pria (satu kekasih dan satu selingkuhan) dan tentang penyesalan si wanita. Apik...
10.  When She Loved me – Sarah McLachlan (1999, Toy Story 2 : An Original Walt Disney Records Soundtrack)
Saya menitikkan air mata ketika nonton Toy Story 2 pas adegan Jessie flashback ke masa lalu diiringi lagu ini. Diciptakan oleh Randy Newman dan dinyanyikan oleh Sarah Mclachlan, lagu ini berhasil masuk nominasi Academy Award untuk kategori Best Original Song, namun dikalahkan oleh You’ll Be in my Heart dari Phil Collins untuk OST. Tarzan. Both of these songs are best, but I love Sarah Mclachlan’s more.

Itu tadi (sebagian) lagu-lagu galau favorit saya yang berbahasa Inggris, minggu depan saya mau share lagu-lagu galau favorit saya yang berbahasa Indonesia. Stay tune, yaaaa....

4 komentar:

  1. Mantap. Tidak ada satu lagu pun di atas yang aku tahu apalagi suka, Bruno Mars pun aku ndak suka. Hahahaha...
    Tp aku pernah denger nama Lara Fabian. Kayaknya ada temen cewek aku yang suka sama Lara Fabian, ada musik dia yang galau banget, instrumnt nya menyentuh gitu. Penasaran sih sama lagunya, nanti aku cari deh lagu Hurt dan Broken Vow..

    BalasHapus
    Balasan
    1. -_______- padahal hampir semuanya lagu yang mainstream banget

      Hapus
    2. Nah...itu dia. Masalahnya aku bukan termasuk orang yang mainstream banget...wkkwk..

      Hapus
    3. padahal aslinya mainstream banget *kaboooorrrr*

      Hapus

Don't be a silent reader, leave your footprints here :-D siapa tau jodoh :-P